Cara Membuat Link di Bio IG yang Mudah

By Bento

Tanggal

Membuat Link di Bio IG

Instagram merupakan salah satu platform jejaring sosial yang paling banyak diminati di dunia, termasuk di Indonesia. Pendaftarannya juga sangat mudah dan gratis, kita hanya perlu menyiapkan alamat email atau nomor HP aktif. Pada akun Instagram disarankan untuk dilengkapi beberapa informasinya agar lebih mudah dikenali, serta mengundang followers.

Salah satu pelengkap informasi akun di Instagram yang tidak boleh dilupakan adalah Bio. Pada Bio Instagram ini kita bisa mengisi informasi apa pun sesuai keinginan, termasuk juga menambahkan link atau tautan. Link yang disematkan bisa link blog pribadi, portofolio, akun media sosial lain atau sebagainya. Bagi kalian yang belum tahu, berikut cara membuat link di Bio IG yang mudah bisa kalian simak dan terapkan.

Cara Membuat Link di Bio IG yang Mudah

Kamu mungkin pernah atau bahkan sering menemukan akun Instagram yang di bagian bionya tersemat link atau tautan. Ketika link tersebut diklik, kita dibawa ke halaman yang berupa portofolio dari pemilik akun. Pada halaman portofolio tersebut biasanya juga berisi beberapa link lain, seperti link akun sosial media lain, link website, link chat langsung ke WA, link toko online, dan jenis link lainnya.

Kamu juga ingin membut link portofolio yang nantinya bisa dipasang di akun Instagram pribadi tersebut? Berikut cara membuat link di Bio IG yang mudah bisa kalian terapkan selengkapnya, yakni:

1. Membuat Halaman Portofolio Sendiri

Sebelum menaruh link di bio IG, kita perlu membuat terlebih dahulu link portofolio pribadi yang di dalamnya akan diisi dengan beberapa link lain. Pastikan kamu sudah menyiapkan beberapa link yang ingin dimasukkan ke dalam portofolio pribadi tersebut.

  1. Langkah yang pertama kamu buka browser di HP atau laptop.
  2. Kemudian kunjungi halaman website bernama LinkTree untuk membuat portofolio link.
  3. Pada halaman utama situs, masukkan username yang ingin digunakan pada kolom yang tersedia, lalu klik tombol Claim your Linktree.
  4. Nantinya kamu akan dibawa ke halaman untuk pendaftaran akun baru. Kemudian masukkan username, alamat email dan juga password yang ingin digunakan.
  5. Setelah berhasil membuat akun Linktree, selanjutnya kamu lakukan verifikasi email dengan klik Link Verifikasi yang dikirim ke email yang kamu masukkan tadi.
  6. Diasumsikan kamu sudah berhasil membuat akun Linktree, sekarang lanjut menyematkan link ke halaman portofolio yang ingin dibuat. Caranya klik menu Add Link dan kamu masukkan link yang ingin ditambahkan. Lakukan cara yang sama untuk memasukkan link lain.
  7. Di sini kamu juga bisa melakukan customisasi pada tampilan link di portofolio, mulai dari menambahkan foot, deskripsi, judul dan lain sebagainya.
  8. Selain itu, kamu juga bisa mengganti template portofolio linktre melalui menu Appearance yang ada di atas tampilan.
  9. Sekarang copy link portofolio Linktree yang sudah dibuat tersebut dengan klik Share > Add to your social > Instagram > Copy.

2. Menyematkan Link di Bio Instagram

Sekarang lanjut untuk menambahkan link yang sudah dibuat tadi ke halaman bio di profil akun Instagram.

  1. Buka aplikasi Instagram dan login ke akun milikmu.
  2. Kemudian masuk ke halaman profil akun dengan klik Foto Profil yang ada di pojok kanan bawah tampilan.
  3. Lalu klik menu Edit Profil.
  4. Selanjutnya klik pada opsi Tautan.
  5. Sekarang klik tombol Tambahkan Tautan Eksternal. Kemudian Paste link portofolio linktree yang dibuat tadi beserta judulnya dan klik Centang untuk menyimpannya.

Itulah tadi cara membuat link di bio IG yang mudah dan praktis bisa kalian terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca semuanya.