Cara Nyambungin HP ke TV yang Mudah

By Bento

Tanggal

Nyambungin HP ke TV

Menampilkan layar HP di layar televisi sekarang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan praktis. Penyambungannya sendiri bisa dengan menggunakan kabel atau tanpa kabel. Kamu tinggal memilih sendiri cara mana yang dianggap paling mudah untuk diterapkan.

TV yang bisa disambungkan dengan HP android ini bisa SmartTV maupun TV tabung. Untuk jenis TV tabung, kita perlu alat tambahan yang namanya Android Box agar bisa menampilkan layar HP di dalamnya. Mengenai cara nyambungin HP ke TV selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Nyambungin HP ke TV yang Mudah

Setidaknya ada 2 metode yang bisa dilakukan untuk menyambungkan HP ke TV sehingga layar HP bisa ditampilkan di layar TV. Kedua metode yang dimaksud yakni menggunakan perangkat tambahan dan tanpa alat tambahan. Metode ini bahkan sangat mudah dilakukan, termasuk bagi kalian yang masih awam.

Adapun cara nyambungin HP ke TV yang mudah dan praktis selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa Alat Tambahan

Untuk cara yang pertama ini hanya bisa dilakukan pada perangkat smartTV yang dilengkapi dengan fitur Mirroring. Sementara untuk penyambungannya sendiri bisa menggunakan 2 cara, yakni melalui jaringan wifi dan bluetooth. Di sini akan dijelaskan cara screen mirroring HP ke TV menggunakan jaringan wifi sama, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu sambungkan TV dan HP ke jaringan wifi yang sama agar dapat terhubung.
  2. Jika sudah, sekarang buka menu Settings di perangkat TV lalu pilih menu Screen Mirroring.
  3. Kemudian pada perangkat HP, kamu juga cari menu Screen Mirroring dan nyalakan fitur tersebut.
  4. Pada halaman tersebut, kamu cari Nama TV yang muncul di hasil scanning.
  5. Kemudian pilih Nama TV tersebut, lalu lakukan pengoneksian. Kamu tinggal memasukkan Kode Verifikasi yang muncul, lalu klik Connect.
  6. Biasanya beberapa saat layar HP akan ditampilkan di TV.

Selain cara di atas, kamu juga bisa menggunakan sambungan Bluetooth untuk menghubungkan HP ke SmartTV. Caranya hampir sama, cukup kamu hidupkan bluetooth di HP dan TV, kemudian lakukan pairing bluetooth.

2. Cara Menghubungkan HP ke TV dengan Alat Tambahan

Sementara untuk cara yang kedua ini kita perlu menggunakan perangkat tambahan untuk penyambungan HP ke TV. Salah satu alat yang bisa digunakan yakni bernama Chromecast yang bisa dibeli di marketplace. Untuk langkah-langkah penyambungannya sendiri, yakni:

  1. Pertama kamu pasangkan Chromecast pada perangkat TV yang ingin digunakan.
  2. Kemudian nyalakan dan hubungkan Chromecast ke jaringan yang sama dengan yang digunakan di HP.
  3. Pada perangkat HP, kamu download aplikasi Google Home dan jalankan aplikasi tersebut.
  4. Pada halaman aplikasi, kamu klik menu Add yang ada di pojok kanan atas.
  5. Kemudian pilih opsi Set Up Device, lalu lakukan pengaturan sesuai instruksi yang diberikan.
  6. Jika berhasil, nantinya HP akan langsung terhubung ke Chromecast dan layarnya akan ditampilkan di TV. Sekarang kamu bisa memutar video atau apa pun dengan tampilan layar lebih luas di TV.

Selain Chromecast, kamu juga bisa memanfaatkan Android Box sebagai alat tambahan untuk melakukan screen mirroring HP ke TV.

Itulah tadi cara nyambungin HP ke TV yang mudah dan praktis bisa kalian terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.