Cara Cek Status Registrasi Kartu Telkomsel Sendiri

By Bento

Tanggal

Cek Status Registrasi Kartu Telkomsel

Seperti yang kita tahu, kartu SIM yang digunakan di HP harus dilakukan registrasi terlebih dahulu agar bisa diaktifkan dan digunakan sebagaimana biasanya. Registrasi kartu SIM ini berlaku untuk semua jenis operator, termasuk kartu Telkomsel.

Sudah melakukan registrasi pada kartu Telkomsel, namun kamu masih penasaran dengan status registrasinya. Misalnya saja, ingin tahu kartu Telkomsel tersebut diregistrasi dengan NIK atas nama siapa. Mengenai cara cek status registrasi kartu Telkomsel di HP yang mudah selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Cek Status Registrasi Kartu Telkomsel Sendiri

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui status registrasi dari kartu Telkomsel. Kamu bisa memilih sendiri cara mana yang dianggap paling mudah untuk diterapkan. Adapun cara cek status registrasi kartu Telkomsel sendiri selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Status Registrasi Kartu Telkomsel Lewat GraPARI

Cara yang paling mudah untuk mengetahui status registrasi kartu Telkomsel adalah dengan datang langsung ke GraPARI terdekat. Kantor GraPARI Telkomsel sendiri sudah tersebar luas di beberapa kota di Indonesia, bahkan kota-kota kecil.

Kamu bisa langsung mendatangi bagian customer service di GraPARI untuk kemudian menanyakan status registrasi kartu Telkomsel milikmu. Biasanya customer service akan meminta dokumen penting terkait pengecekannya, yakni KTP dan KK. Tidak perlu membawa KK asli, cukup fotocopy-annya saja yang kamu bawa.

Pada hasil pengecekan status registrasi kartu Telkomsel, biasanya customer service akan memberitahukan NIK yang terdaftar di kartu tersebut. Dari sini kamu bisa tahu registrasi kartu Telkomsel terdaftar atas nama siapa.

2. Cek Status Registrasi Kartu Telkomsel dengan Kode Dial

Sementara untuk cara yang kedua ini cocok diterapkan jika kamu ingin melakukan pengecekan status registrasi kartu Telkomsel sendiri. Di sini kamu akan menggunakan kode rahasia atau kode dial khusus yang memang disediakan oleh Telkomsel untuk keperluan pengeckan status registrasi kartu. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Panggilan di HP androidmu.
  2. Kemudian masuk ke tab Keypad dan ketik kode dia *444# lalu tekan tombol Panggil.
  3. Tunggu beberapa saat akan muncul notifikasi pop up di layar. Selanjutnya kamu pilih opsi Cek Status Registrasi.
  4. Selanjutnya masukkan NIK milikmu, lalu klik Kirim.
  5. Permintaan akan diproses, nantinya hasil pengecekan status registrasi kartu Telkomsel akan dikirim lewat SMS.

Jika NIK yang kamu masukkan benar digunakan pada kartu Telkomsel tersebut, biasanya akan ada SMS berisi pemberitahuan kalau kartu sudah diregistrasi dengan NIK yang dikirim tadi beserta atas nama siapa.

3. Cek Status Registrasi Kartu Telkomsel Lewat SMS

Dan cara terakhir untuk melakukan pengecekan status registrasi kartu Telkomsel terdaftar dengan NIK siapa, yakni dengan melalui layanan SMS. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Pertama buka menu Pesan di HP.
  2. Kemudian klik menu Tambah untuk mengirim pesan baru.
  3. Selanjutnya pada bagian kolom nomor tujuan SMS, kamu ketik nomor 4444.
  4. Kemudian pada bagian kolom isi pesan, kamu isi dengan format pesan REG (spasi) BIK#No KK#
  5. Jika sudah selanjutnya klik tombol Kirim.
  6. Nantinya akan ada SMS balasan mengenai status registrasi kartu Telkomsel tersebut. Jika memang sudah diregistrasi, biasanya akan ada pemberitahuan bertulis “Nomor Anda Sudah Aktif dan Terdaftar”.

Itulah tadi beberapa cara cek status registrasi kartu Telkomsel sendiri yang mudah bisa kalian terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.