4 Cara Menggunakan Tespek Kehamilan Yang Benar dan Akurat

By Bento

Tanggal

Tespek

Tespek atau alat tes kehamilan merupakan salah satu alat untuk membantu para calon ibu mengetahui dengan cepat apakah hamil atau tidak. Sebagian besar hasil yang dilakukan menggunakan alat ini cukup akurat, tetapi ada juga kasus di mana hasilnya mengalami kesalahan. Hasil tes penggunaan tespek yang salah bisa disebabkan berbagai penyebab. Selain itu, sebagian dari Kamu mungkin masih belum mengetahui cara menggunakan tespek kehamilan yang benar dan akurat. Untuk memudahkan Kamu menggunakannya, artikel ini Bayakcara.id akan membagikan lebih banyak informasi seputar cara menggunakan tespek kehamilan yang benar dan akurat.

Apa itu Tespek Kehamilan? Bagaimana Cara Kerja Tespek?

Menggunakan tes kehamilan merupakan metode tes yang cepat dan sangat akurat untuk mengetahui kehamilan. Lalu apa kegunaan dari produk tespek ini? Tespek kehamilan merupakan alat yang digunakan dalam tes kualitatif untuk mengukur konsentrasi hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG) dalam urin pada wanita. Hormon HCG akan dikeluarkan dari plasenta dan hanya terjadi ketika adanya pertemuan sel telur dan sperma yang menghasilkan pembuahan yang berhasil.

Berdasarkan kadar hormon, tespek kehamilan akan membantu Kamu menentukan kemungkinan kehamilan dengan cepat dan akurat . Berkat penelitian alat ini, mendeteksi kehamilan atau tidak menjadi lebih mudah dan nyaman bagi banyak orang. Saat ini, di pasaran terdapat banyak jenis produk tespek yang berasal dari berbagai negara. Oleh karena itu, Kamu bisa dengan mudah membeli produk ini di toko obat, supermarket, atau toko online. Namun, setiap orang harus memilih tempat yang mempunyai reputasi baik untuk mendapatkan tespek kehamilan yang berkualitas untuk hasil tes yang akurat.

Cara Menggunakan Tespek Kehamilan Yang Benar dan Akurat Dengan 4 Langkah

Cara menggunakan tespek kehamilan ini cukup sederhana dan biasanya pada kemasannya terdapat petunjuk penggunaan yang bisa kamu baca. Namun masing-masing jenis tespek akan mempunyai kegunaan yang berbeda, namun secara umum langkah-langkahnya miri. Secara khusus cara menggunakan tespek kehamilan yang benar dan akurat adalah sebagai berikut :

  • Langkah 1: Kumpulkan sampel urin ke dalam cangkir atau wadah yang disediakan di dalam kotak.
  • Langkah 2: Keluarkan tespek dari bagian dalam kemasannya.
  • Langkah 3: Masukkan tespek ke dalam cangkir berisi urin yang didalam wadah selama sekitar 15 detik (tergantung jenis strip) dan kemudian keluarkan. Beberapa jenis tespek kehamilan lainnya hanya perlu diteteskan beberapa tetes urine saja pada alat tersebut. Karena itu, Kamu perlu membaca petunjuk manual pengguna yang tepat sebelum menggunakannya.
  • Langkah 4: Tunggu sekitar 5 menit lalu baca hasilnya apakah positif atau negatif.

Cara membaca hasil tes dari tespek kehamilan juga sangat sederhana, jika hasil tes menunjukkan dua garis tebal, maka artinya Kamu hamil. Jika tes hanya menunjukkan satu garis, maka artinya Kamu tidak hamil. Jika tespek tidak muncul garis apa pun, Kamu mungkin menggunakan tespek dengan cara yang salah atau tespek telah rusak. Untuk hasil yang lebih akurat, Kamu bisa menggunakan 2-3 tespek dengan merek berbeda untuk mengecek kehamilan.

Dalam beberapa kasus khusus, hasil yang ditampilkan pada tespek tidak jelas. Contohnya, hasilnya dua garis samar, Kamu mungkin hamil , tetapi untuk menentukan dengan tepat, Kamu harus memeriksakan langsung ke dokter kandungan atau ke Bidan. Selain itu ada juga tespek yang memberikan garis gelap, garis terang, menurut dokter mungkin karena ukuran janin masih kecil, sehingga warnanya tidak jelas.

Baca juga Tips Agar Kehidupan Kita Memiliki Gaya Hidup Sehat

Penyebab Tespek Kehamilan Memberikan Hasil Yang Tidak Akurat dan Salah

Meskipun tespek kehamilan sangat akurat, dalam beberapa kasus masih hasilnya mungkin tidak sesuai. Menjelaskan kesalahan ini, menurut para dokter ada beberapa faktor eksternal bisa membuat hasil tes menjadi tidak akurat. Secara khusus, hasil tespek kehamilan yang tidak akurat bisa disebabkan karena meliputi:

1. Kualitas produk buruk

Jika tespek kehamilan telah kedaluwarsa, kualitas produk buruk, kemasan tespek rusak, dll, maka hasil tes yang dihasilan dari tes seringkali salah. Oleh karena itu, saat membeli tespek kehamilan sebaiknya memilih dari merek terkenal dengan kualitas yang baik. Juga, kamu harus periksa tanggal kedaluwarsa, kualitas kemasannya sebelum membeli.

2. Menggunakan tespack dengan tidak benar

Meskipun kemasannya sering mempunyai petunjuk cara menggunakannya, beberapa orang mungkin tidak mendapatkan hasil yang akurat karena penggunaan yang salah. Misal tespek dicabut terlalu cepat, atau terlalu dipakai. Atau ada kasus terlalu lama merendam tespek di dalam urine, atau kadar urine melebihi batas yang diperbolehkan.

3. Efek dari penyakit atau pengobatan tertentu

Jika Kamu melakukan tes kehamilan saat sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, ada risiko tinggi bahwa kandungan dalam obat tersebut bisa menyebabkan tingkat HCG yang tidak akurat yang terkandung didalam urin Kamu.

Jika konsentrasi HCG salah, maka hasil tes yang ditampilkan di tespek juga tidak akurat. Oleh karena itu, jika Kamu berniat menggunakan tespek kehamilan, sebaiknya hentikan penggunaan obat tersebut selama kurang lebih 2-3 hari.

Beberapa penyakit yang berhubungan dengan alat kelamin juga bisa menjadi penyebab tidak akuratnya hasil tespek kehamilan. Contohnya, orang yang menderita kista ovarium yang menggunakan tespek kehamilan bisa mendapatkan hasil tes kehamilan dua garis. Namun, saat diperiksa dokter, ternyata dia tidak hamil.